Rabu, 14 Mei 2008

belum Menikah...

hari kamis tanggal 15 mei 2008 nanti temen SMA ku menikah.. jeng!
sebenarnya bukan big deal.. secara temen SMA ku banyak yang sudah menikah sampe detik ini.. yang sempet jadi buah pikiran dalam kepalaku adalah karena dia tuu temen deket ku yang semasa jaman muda dulu, suka jalan bareng, diorganisasi bareng, curhat2, tutor gitar, macem2 dah pokoknya..
klu yang nikah tuu cuman temen sekelas mungkin gak kerasa banget yaa bedanya..
tapi pas yang nikah tuu temen dekat.. agak aneh juga... :D

sebenarnya pengen banget bisa datang dan hadir mengucapkan selamat dihari bahagianya itu, tapi kerjaan di kantor yang tidak kunjung habis, dan seabrek peraturan baru yang turun langsung dari bupati yang mbikin aku berpikir beribu kali untuk mbolos kerja..
peraturan baru ituh ngurusi kehadiran dari urusan telat apel pagi (kena potong 2%) sampe ijin untuk urusan keluarga (yang juga kena potong 2%)!! sakit tanpa pemberitahuan dokter (potong 2%), tidak masuk kerja (potong 4%), tidak apel siang (potong 2%)... dan masih banyak lagi potongan2 lainnya..
untuk karyawan kontrak seperti diriku inih.. aturan itu terasa berat banget.. bisa2 kita yang nombok ke kantor.. :( klu buat PNS yang punya gaji pokok, tunjangan ini, tunjangan itu, dan tambahan penghasilan sii.. mungkin gak kerasa..

wokeh.. balik ke soal-menyoal nikah tadi..

temenku yang nikah tadi ituh temen juga sejak SMP, suka saing2an jadi juara satu, di SMA sama2 di OSIS, namanya melky, anak turunan tionghoa, kerana sudah jadi aturan tidak tertulis bahwa anak turunan tionghoa mesti pinter.. :D aku selalu bertanya urusan PeEr yang tidak kumengerti padanya..
ditambah lagi kami suka bergosip tentang temen2 laen.. khikhi.. makanya seru aja..

lucu banget rasanya perubahan hidup..
dulu masih suka maen-maen.. jadi anak2 SMA yang tiap tahun diceburin di selokan pas ultah..
cekakak cekikik ketika menyelundupkan tas untuk mbolos lewat pagar belakang..
sekarang.. mo nikah..

dulu masih keranjingan Liga Itali, sampe harus koleksi baju bola yang asli kedodoran ituh, nempelin poster pemain bola yang guanteng-guanteng itu di seluruh dinding kamar sampe ndak ada jalan buat cecak mencari makan..
sekarang.. mo nikah..

dulu, bisa keluar kesana kemari kemari kesana tanpa juntrungan yang jelas, ke kebun jeruknya yadi buat makan kelapa muda, trus kecebur sungai, kejeduk batu, benjol... lantas pergi ke jauh ke pantai lalos hanya buat liat sunset sambil curhat-curhat..
sekarang.. mo nikah..

khekhe..

apa klu dah nikah semuanya itu ndak bisa lagi yaa?
kan sudah ada rambu-rambu baru yang mengatur harus jalan ma siapa, mo kemana, mo ngapain, apa alasannya, apa gunanya.. semua-mua-muanya harus di pikirin..
klu masih anak2 kan.. sak enake dhewe.. :D mo jalan kemana kek, mo sama siapa kek, mo ngapain kek, nggak mo ngapa2in kek..tokek kek.. walang ketek kek.. ndak perlu dipusingin..

kemaren aku juga nyamperin FS kakak2 angkatan di TE,beberapa diantaranya sudah menikah.. anehnya.. ada beberapa juga yang teteup long distance setelah menikah.. loh? bukannya malah sama aja?? khekhe.. (oiyah,setauku nanet juga yaa?? khikhi..)
maksudnya.. bukannya nikah itu menyatukan dua orang? yang kemudian hanya maut yang memisahkan? klu kemudian harus jauh2an lagi.. yaa... aneh.. (apaan sii??)

mungkin karena selama ini daku pacarannya long distance terus kali yaa?? jadi maunya klu emang nanti jodohnya beneran jadi, aku ndak mau jauh2an lagi.. :D

proses menikah itu sepertinya lebih berat urusan psikologisnya dee.. untuk menjawab semua pertanyaan, apakah dia orang yang tepat untukku? apakah memang dia yang bisa terus bersamaku melewati hidup kedepan.. dstdsb..
the ultimate question is..
does he/she is the one?

temenku yang mo nikah ini, beberapa hari lalu menelpon dan meng-sms mengkonfirmasi kedatangan (ato jelasnya ketidakdatanganku) ke hari pernikahannya... tapi sebagai temen deket.. aku merasa dia punya pertanyaan lain lebih dari sekedar konfirmasi kedatanganku itu.. sesuatu yang mungkin tidak bisa dia tanyakan secara verbal.. ato mungkin terbalut adat-istiadat dan pantangan sebelum menikah..dstdsb..
apa emang semua calon pengantin bakal/pastinya dilanda rasa ragu sesaat sebelum pernikahan??
ato itu cuma terjadi di sinetron2 ajah??
apakah the ultimate question "does he/she is the one?" itu juga mengiang2 di detik2 terakhir masa lajang??

dari sekian juta populasi manusia di dunia ini.. apakah memang dia??
ato mungkin ada orang lain yang tidak masuk database yang ada dibelahan dunia lain, yang belum bertemu denganku, yang telah tercipta untuk mempunyai hal yang melengkapiku.. yang terlewatkan??
dengan jumlah data yang demikian banyak itu.. kemungkinan errornya kan lebih tinggi.. apakah yang ini sudah benar?? (ini ngomongin apa sii??)

pertanyaannya sii masuk akal..
alasan kenapa bertanya hal itulah yang sepertinya agak kurang masuk akal.. :D

bukankah setiap orang punya caranya sendiri untuk mengetahui semua itu?(orang bilang sii bahasa kalbu..) tanpa bisa menyebutkan alasannya, kadang kita sudah bisa merasa klu kita tidak bisa hidup tanpa seseorang yang lain.. (massa sii??), bahwa dialah yang kita perlukan untuk mengisi hari-hari kita selanjutnya.. (bah,puitis sekali pun kau!), bahwa dengan dialah kita ingin menghabiskan masa tua kita bersama-sama.. (impian yang agak terlalu jauh kedepan..)

klu kita diperbolehkan melihat video rekaman kehidupan kita sampe ajal nanti, mungkin kita bisa memilih untuk menukar pemeran-pemeran didalamnya ketika beberapa hal tidak sesuai dengan skenario yang kita impikan...

tapi sayangnya hidup tidak demikian..

jadi..
apakah sayah anda sudah yakin bahwa dialah orangnya??

1 komentar:

Aftri Marriska mengatakan...

mmm.. dilemma sebelum menikah..
ku pasti belum tau.. hakakhakhak..
karena diriku punya calon saja belon.. *kasiann*

mm.......
kalo lu nikah, gw usahain ndak takut naek pesawat deh ping.. :D

mmm..
pengen ngomentarin apa tadi ya..
lupa.. *gubrak!!*